Headlines News :
Home » » Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Written By Nana Rosalina on Oktober 29, 2012 | 22.40



Kita ketahui negara Indonesia dikenal dengan negara seribu pulau yang banyak menarik turis manca negara , tapi selain itu juga ada hal menarik yang di gemari para wisatawan yaitu kuliner . Banyak makanan dan jajanan kuliner khas Indonesia yang namanya sudah mendunia dan memiliki sejarah yang menjadikan kuliner-kuliner ini menjadi idaman para wisatawan mancanegara


berikut ini adalah makanan khas indonesia yang sudah mendunia:

1. Soto


Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto juga pernah disiarkan secara langsung di televisi Telemadrid dalam program Buenos das Madrid.

2. Nasi goreng


Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan khasl Indonesia. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng. Nasi goreng khas Indonesia juga sudah terkenal di dunia.

3. Gudeg


Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. masyarakat yogyakarta biasanya menikmati gudeg bersama dengan telur, nasi, daging dan juga sambal goreng . Gudeg juga banyak diminati para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

4. Bakso


Bakso adalah jenis bola daging atau orang luar biasanya menyebut meatball (bola daging). Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso dapat dikonsumsi dengan mudah karena sudah tersebar di seluruh Indonesia.

5. Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu . Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Untuk sate bebek Tambak menu lengkapnya adalah sate, saus bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas (menurut selera) dan irisan tomat serta mentimun. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan dengan ketupat.

5. Gado-gado


Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng, disertai kerupuk sebagai pelengkap. Gado-gado dapat dimakan begitu saja dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Bahkan gado-gado pernah menjadi juara saat festival makanan internasional.

6. Rendang

Rendang adalah sebuah olahan dari daging (biasanya daging sapi) rendang adalah makanan khas dari minangkabau. masakan ini memiliki bau yang khas dan rasa yang khas. rendang memiliki aroma yang enak dan memiliki rasa yang gurih dan ada sedikit pedas. Dengan terpilihnya rending sebagai makanan khas Indonesia kita harus berbangga karena rendang peringkat 11 dari 50 hidangan terenak yang ada di dunia.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Annyeong..:)


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Annyeong.. :) - All Rights Reserved
Template Created by Nana Published by Nay-nay
Proudly powered by Blogger